Wednesday, August 25, 2010

3 Idiots: All Is Well

'All is well' Semua akan baik-baik saja selama kita mengikuti kata hati dan berpikir positif.

3 Idiots bukanlah film tentang 3 idiot, tetapi justru kita dibuat berpikir 'Siapa yang lebih idiot sekarang?'


Tidak berbeda dengan Indonesia, di India masih banyak ditemukan pemikiran yang konvensional. Bila anak kita laki-laki maka harus menjadi insinyur, bila perempuan maka harus jadi dokter. Karena pemikiran inilah, orang tua tidak mau melihat potensi yang dimiliki anaknya. Yang ada adalah paksaan untuk mendapatkan nilai terbaik di kelas engineer atau kedokteran. Hingga tak sedikit remaja di India yang terpaksa bunuh diri karena tak mampu memenuhi keinginan guru dan orang tua. Padahal sebenarnya bukan karena mereka idiot atau bodoh, tetapi karena bakat mereka tidak pas dengan bidang pendidikan yang dipaksakan padanya.

Film ini bercerita tentang tiga sahabat, Farhan, Rancho, dan Raju, yang saling membantu menemukan jati dirinya. Satu orang yang paling menonjol adalah Rancho. Ia adalah remaja yang selalu berpikiran positif dan modern. Selalu melihat dengan hati, sesuatu yang kadang dilupakan orang lain. Baginya, kesuksesan bukan seperti yang tertulis di buku-buku pelajaran, tetapi bagaimana kita mengenal diri kita dan bakat kita. Sukses, berarti mengejar mimpi, bekerja sesuai dengan passion kita. Bila yang lain bersekolah untuk mencari gelar, Rancho tulus hanya untuk mencari ilmu, tanpa peduli gelar.

Selain itu, di film ini diceritakan tentang orang tua yang (maaf) kolot, yang merasa mengerti bagaimana membuat anaknya bahagia dengan cara memilihkan jalan hidup anaknya. Padahal belum tentu jalan yang dipilihkan itu disukai oleh anaknya.

Film ini bersetting kehidupan kampus, tetapi cukup berhasil menggambarkan apa yang terjadi pada kehidupan manusia pada umumnya.

'Hidup adalah perlombaan, bila tidak cepat, maka kita akan terinjak'

Kalimat ini diucapkan oleh Viru, kepala sekolah yang sangat konvensional, kolot, dan keras kepala. Kalimat ini kadang dimaknai secara salah oleh sebagian manusia. Salah satunya Chatur, seorang murid yang melakukan segala cara untuk mempertahankan dirinya sebagai yang terbaik. Bahkan cara yang curang untuk membuat pesaingnya terlena. Salah satu contohnya saat ia menyebarkan majalah porno kepada teman-temannya secara diam-diam. Tujuannya? Supaya mereka terlena dan lupa untuk belajar!

Seperti film India pada umumnya, film ini banyak dihiasi keceriaan dan kelucuan remaja kampus, persahabatan, dan bumbu cinta. Tetapi film ini juga dipenuhi dengan pesan moral yang wajib disimak. Kelebihan lain dari film ini adalah acting dari Aamir Khan, actor yang telah berusia kepala empat ini berhasil memerankan anak kuliahan dengan sangat wajarnya!

Faktor besar yang membuat film ini keren adalah karena banyaknya inspirasi yang ada di sana. Nilai-nilai yang diangkat sama film itu benar-benar adalah nilai-nilai yang saya yakini. Beberapa di antaranya ada di bawah 
  • Berpikir positif dalam berbagai kondisi akan sangat membantu. Walaupun berpikir positif belum tentu menyelesaikan masalah, setidaknya itu akan membantu kita tidak memperpanjang masalah. Satu hal yang selalu diangkat dalam 3 Idiots adalah quotes-nya Rancho: all is well (semua baik-baik saja). 
  • Jangan cuma mengejar impian sendiri, bantu orang lain mewujudkan impiannya. Rancho melakukan itu semua, menyadarkan Raju untuk mengatasi ketakutan-ketakutan dalam hidupnya, dan menyadarkan Farhan untuk mengikuti kata hatinya.
  • Ikuti kata hati kita, jangan berpura-pura, lakukan apa yang memang benar-benar kita sukai. Kalau bertentangan dengan apa yang orang tua kita inginkan? Bicaralah baik-baik dengan mereka, tunjukkan bukti kalau kita memang serius di bidang itu. Tunjukkan suatu prestasi yang sekiranya akan ‘melunakkan’ hati mereka. Semua orang tua bisa dipastikan ingin anaknya bahagia di masa depan. Kalau jalan yang mereka berikan tidak kita sukai, yakinkan mereka bahwa jalan yang kita pilih akan membuat kita bahagia. Farhan did that! :)
  • Jangan pernah takut menghadapi hidup. Hilangkan ketakutan-ketakutan tak beralasan yang membuat kita tidak berkembang. Takut menghadapi sendirian? Cari sahabat untuk berjuang bersama.
  • Bergaullah dengan teman-teman inspiratif, yang bareng-bareng akan saling mendukung dalam kebaikan. 3 Idiots itu, masing-masing saling menginspirasi satu sama lain dengan caranya masing-masing.
  • Hidup ini jangan mengejar kesuksesan. Sukses itu cuma efek, bonus, dari apa yang kita tekuni. Seperti yang dibilang di film: Pursue excellence, and success will follow, pants down.
  • Practice what you preach. Jangan cuma bisa ngomong atau menasihati doang, lakukanlah apa yang udah diomongin. Atau yang lebih baik lagi, bicaralah lewat tindakan kita. Rancho yang emang sangat positif dan bersemangat, begitu ditantangin sama Raju & Farhan supaya melakukan apa yang dia suka omongin, dia langsung membuktikannya!
Overall, film ini sangat menghibur, menyentuh, dan sangat bermakna. Bahkan film India terbaik yang pernah saya lihat. Atau bahkan film dengan pelajaran terbaik. Tak heran kalau selalu sold out meski harga tiketnya jadi melambung. Film wajib tonton untuk para orang tua dan calon orang tua juga.

Dan saya yakin, sebagian besar dari penonton pun akan berpikir 'Cerita hidup gue banget nih!' khususnya bila kamu mengikuti passion, memilih jalan hidup yang berbeda dengan pendidikan atau keinginan orang tua. Oh, gue banget nih!
***

Sumber: 
-http://curipandang.com/baca/2010/02/08/3-idiots-film-wajib-tonton.html
-http://ilmanakbar.dagdigdug.com/2010/02/12/ikuti-kata-hatimu-3-idiots-film-india-dengan-segudang-inspirasi/
(dengan pengubahan seperlunya)

11 Comments:

Elvindinata said...

hmmm,,ane pun demikin sobat,,selain ngakak nontonnya,,,juga menjadi renungan,,, pertamax lagi buat postingan ini,,, ikuti kata hati,,,!! Majuuuuu :),,,happy blogging kawan :)

Nhrsm said...

@elvindinata: selain ini, yg my name is khan juga bagus sob, sampe nangis liatnya.. :((
oke oke, biarlah mengalir seperti air :D

oempak said...

blm nonton nih filmnya, tp banyak tmn blg klo film ni rame, seru, kocak, bkin ktawa katanya.. wah musti liat nih

Ferdinand said...

wah iya nie film bagus hhe... aku kira tadinya film cengeng kaya lainnya.. eh pas nonton slain ngakak .. pokoknya Ajib deh ahah.......

slam knal Sob... aku Follow sekalian ya(DJ Site).... Follow balik ya SOb.. klo sempet...

Semangat n happy blogging!!!

Matahari Free Download Mp3 said...

Subhanallah, bener2 terisnpirasi.
Izin bookmark sob. Thanks before. :D

Nhrsm said...

@oempak: harus nonton brother, cm 2 jam lebih kok
:D

@ferdinand: iya sob, walo agak sedikit parno :))
sudah sob :)

@matahari: silahkan sob, share juga boleh :)

ZATYA BAJA ITEM said...

q pernah nonton ne film..hebat sekali persahabatannya.. n lucu

Boy Sandi Simanungkalit said...

Lumayan bagus jg nih film. Saya ud nonton. Gokil, inspiratif, Seru , Kocak. pokonya g nyesel jg nonton nih Film.

Nhrsm said...

@zatya: betul betul betul :D

@boy: saya juga sob, ga bosen nontonnya :)

Febio said...

memang bisa dijadikan insipirasi nih film :D

ncws said...

ga pernah bosen saya nonton film ini sob, ga ada matinya!

Post a Comment

Thank you for reading the article on our blog. Please give comments, feedback or criticism you in the comment box below. Your comment really means for the advancement of our blog. So, give the comment wisely and constructively.

 
© Copyright 2009-2012 Inspire Blog. Powered by Blogger WP by Masterplan