Friday, August 19, 2011

10 Cara Efektif Untuk Menghilangkan Stress

Semua orang pasti memiliki masalah, baik masalah keluarga, cinta, persahabatan, pekerjaan, maupun keuangan. Masalah yang datang bertubi-tubi sering membuat seseorang menjadi stress. Dan jika sudah banyak tekanan yang tidak diselesaikan, maka keadaan itu dapat menimbulkan depresi yang sangat merugikan bagi tubuh dan jiwa kita. Maka, setiap tekanan yang datang pada pikiran kita harus kita singkirkan sesegera mungkin.


Berikut ini adalah 10 cara efektif untuk mengurangi stress:

1. Jangan menunda-nunda pekerjaan

Siapa bilang penyebab stress selalu berasal dari sumber dari luar? Seringkali penyebabnya adalah manajemen waktu yang buruk. Menunda pekerjaan yang sulit atau tidak kita suka seolah-olah dapat menjauhkan diri kita dari stress, padahal pada akhirnya menunda pekerjaan malah akan membuat kita semakin stress terutama saat kita menghadapi deadline. Rasa lega saat menunda pekerjaan hanyalah perasaan semu belaka.

2. Belajar untuk berkata tidak

Apa yang kamu hadapi di masa depan juga dipengaruhi oleh keputusan kamu pada hari ini. Kamu harus bisa memastikan sebuah pekerjaan bisa kamu selesaikan ketika kamu menerimanya. Meskipun yang meminta adalah orang yang dekat denganmu namun apabila pekerjaan itu tidak ada manfaatnya bagimu dan kamu sudah memiliki banyak pekerjaan lain yang harus dikerjakan, maka jangan terima pekerjaan itu. Di masa depan, pekerjaan yang terlalu banyak hanya akan menyulitkan keadaanmu.

3. Melakukan kegiatan yang menyehatkan

Lakukan kegiatan seperti yoga, meditasi, ataupun berolahraga. Kegiatan-kegiatan itu sangat membantumu untuk rileks, menurunkan tekanan darah, dan menghasilkan hormon endorfin yang bisa menghilangkan stress. Selain itu tidur yang berkualitas (6-8 jam sehari), menkonsumsi coklat dan minum teh juga bisa membantu mengurangi stress.

4. Belajar menerima diri dan kondisi kita

Selama kita hidup, banyak kejadian-kejadian yang tidak bisa kita cegah, terjadi. Seperti anggota keluarga yang meninggal, bencana alam, tubuh yang cacat, dan masih banyak lagi. Karena tidak bisa kita kendalikan, maka hal yang bisa kita lakukan adalah menerima kondisi kita apa adanya. Jauh lebih baik memikirkan apa yang bisa kita lakukan dengan apa yang kita punya sekarang daripada terus merasa tertekan dengan keadaan.

5. Berpikir positif

Ketika mengalami suatu masalah, lihatlah dari sisi terangnya. Karena dalam setiap masalah pasti ada sesuatu yang dapat kamu petik dan kamu pelajari untuk membuat dirimu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

6. Hibur dirimu sendiri

Saat stress menyerang, lakukanlah kegiatan yang bisa membangkitkan mood-mu lagi seperti bermain games, mendengarkan musik, menonton film atau apapun yang kamu suka. Kegiatan-kegiatan itu akan sangat membantumu mengurangi stress, namun jangan sampai melupakan kewajibanmu. Selain itu, kamu juga bisa melatih self talk yang positif untuk meningkatkan rasa percaya dirimu.

7. Fokus

Multitasking merupakan ide bagus untuk menyelesaikan banyak pekerjaan jika kamu mampu meng-handlenya. Namun tidak semua orang bisa melakukannya terutama apabila pekerjaan-pekerjaan kita membutuhkan tenaga dan pikiran ekstra. Rencanakan pekerjaan mana yang akan kamu kerjakan terlebih dahulu dan prioritaskan untuk mengerjakan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu.

8. Beraktivitas bersama teman

Hang out bersama teman juga cukup membantu untuk meringankan stressmu. Rencanakan juga suatu kegiatan bersama temanmu dan sementara jauhkanlah dirimu dari aktivitas yang berpotensi menimbulkan stress.

9. Hindari tujuan yang tidak realistis

Jika kamu bermimpi untuk menjadi seorang pengusaha sukses, tentu kamu tidak bisa langsung membuat sebuah perusahaan yang menjadi penguasa pasar tanpa memiliki pengalaman sebelumnya. Bermimpilah yang besar, namun rencanakan langkahmu secara realistis.

10. Minta bantuan

Seringkali, ada pekerjaan yang tidak bisa kita lakukan sendiri. Ketahui sampai dimana batasmu dan jangan ragu untuk meminta bantuan kepada teman atau orang lain untuk mengerjakan suatu pekerjaan bersama-sama. Jangan ragu-ragu hanya karena harus berbagi hasil, pekerjaan yang dilakukan bersama-sama justru akan membantu kita meraih target lebih cepat selama orang yang kita pilih adalah orang yang tepat.
***

Sumber: http://www.lovevirtue.com/in/Peningkatan-Kualitas-Diri/10-cara-efektif-untuk-menghilangkan-stress.html

1 Comments:

faiza said...

thank bunch tipsnya gan..., sangat bermanfaat ^_^

visit me yap...
my blog

Post a Comment

Thank you for reading the article on our blog. Please give comments, feedback or criticism you in the comment box below. Your comment really means for the advancement of our blog. So, give the comment wisely and constructively.

 
© Copyright 2009-2012 Inspire Blog. Powered by Blogger WP by Masterplan